Monday, May 11, 2009

Waspada Flu Babi













Setelah didesak warga, penyemprotan disinfektan ini akhirnya dilakukan petugas peternakan konawe Senin (11/5/09) pagi.

Dengan cairan disinfektan, satu persatu kandang babi milik warga disemrot petugas. Penyemprotan difokuskan di seluruh kandang babi milik warga Desa Tanirewe, Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe.

Pasalnya di desa ini hampir sembilan puluh persen warga memiliki ternak babi. Dan ironisnya sejak merebaknya isu flu babi, petugas sekali pun belum pernah menggelar vaksinasi disinfektan di daerah tersebut.

Karena itu peternak setempat resah. Terlebih setelah mendengar informasi flu babi telah merenggut korban jiwa di sejumlah negara. Warga khawatir virus flu babi dapat saja menyebar di peternakan mereka meski belum terdapat kasus flu babi menyebar di Indonesia.

Di desa ini terdapat sekitar empar ratusan ekor babi yang dipelihara warga setempat. Di lokasi ini hampir semua kepala keluarga memiliki peternakan babi sendiri. Di Kecamatan Lambuya terdapat belasan desa yang didiami warga transmigrasi asal Bali.

Sementara itu data Dinas Peternakan, Kabupaten Konawe mencatat sedikitnya lima ribu ekor babi kini dipelihara para peternak babi yang tersebar di seluruh kecamatan lambuya.

No comments: