Friday, February 6, 2009

PENEMUAN KRAMIK KUNO







Puluhan jenis keramik beragam motif muncul dalam genggaman para penyelam asal Australia. Para penyelam menemukan jejak keramik kuno yang ada di bawah laut tepatnya di dasar sebuah goa yang oleh warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara disebut Goa Moko.
Dari motif yang tertera pada keramik, ada kemiripan dengan benda benda keramik asal negeri China."Jumlahnya masih banyak di dalam gua, ada yang masih utuh dan ada pula yang sudah tidak utuh," ujar Mr Caleb dan Mr Andi. Penemuan benda benda keramik kuno ini ada pada kedalaman antara 25 hingga 30 meter."Beberapa diantaranya terdapat di bagian dinding gua dalam telaga. Tapi karena gelap sehingga kita tidak bisa pastikan secara keseluruhan," ujar Ramadhan, penyelam lainnya.

Walikota Bau-Bau MZ Amirul Tamim yang turut menyaksikan kegiatan penyelaman mengatakan, lokasi Gua Moko akan dilakukan pengawasan. Penemuan benda benda antik dalam gua ini semakin meyakinkan bahwa daerah ini adalah daerah yang memiliki peradaban sejak masa lalu.Penemuan ini memberikan peluang kepada pihak arkelolog atau yang hendak melakukan penelitian di bidang purbakala untuk melakukan Diving dalam Gua Moko sekaligus melakukan penelitian.

Gua ini akan disiapkan sebagai lokasi wisata diving juga sebagai lokasi penelitian benda benda cagar budaya.Kini, lokasi Gua Moko yang berada di lahan milik Warga bernama La Ode Indi mulai ramai dikunjungi. Tampak dalam gambar aktifitas penyelaman di Goa Moko dan keramik yang ditemukan para penyelam. Para penyelam foto bareng. foto: Hamzah/Baubau

No comments: