Sunday, March 15, 2009

Jembatan Putus, Jalur TransSulawesi Lumpuh

By Line: Yoshasrul

Beginilah kondisi jembatan besi di Desa Pohu, Kecamatan Rante Angin, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jembatan ini mengalami amblas setelah salah satu tiang penyangga jembatan roboh akibat terjangan banjir.

Akibatnya ratusan motor dan mobil tidak bisa melanjutkan perjalannya. Bahkan mereka sudah berada di lokasi tersebut selama berjam-jam. Jalur jalan ini sendiri merupakan satu-satunya jalur darat yang menghubungkan dua wilayah provinsi yakni Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Di jalur ini pula berbagai angkutan memuat kebutuhan sembako dan hasil bumi yang akan diangkut menuju makassar, Sulawesi Selatan. Panjang jalan menuju makassar sejauh kurang lebih 600 KM. Sebagian jalan dan jembatan telah mengalami kerusakan.

Pihak Dinas Kabupaten Kolaka Utara menjelaskan jembatan ini terputus karena hujan yang deras mengakibatkan tanah disekitar jembatan tersebut longsor.

”Akibatnya tiang penyangga jembatan jeblok,”kata firdan Kepala Dinas perhubungan kolaka utara.

Firdan mengaku akan segera memperbaiki jembatan yang putus ini secepatnya.

Sementara itu saat ini warga desa pohu bersama para pengendara bergotong royong berusaha membuat sebuah jembatan darurat agar ribuan warga yang hendak melintas bisa melanjutkan perjalanannya sampai daerah tujuan. Warga juga memungut biaya kepada sejumlah pengendara yang akan lewat.





No comments: