Monday, March 16, 2009

Banjir Rendam Jalan Raya














By Line: Yoshasrul

Hujan deras yang mengguyur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengakibatkan terendamnya sejumlah ruas jalan di kota ini. Air setinggi lutut orang dewasa ini menyebab puluhan kendaraan terjebak banjir. Saat melewati genangan air para pemilik kendaraan terpaksa harus berhati – hati. Sejumlah kendaraan juga terpaksa harus memutar ke arah jalan yang tidak tergenang air.

Ruas jalan protokol yang paling parah direndam air yakni di Jalan Abdulah Silondae dan Jalan Saranani. Kedua jalan ini setiap musim pengujan memang dikenal menjadi langganan banjir. Posisi jalan sendiri lebih rendah di banding ruas jalan lainnya di kota kendari/ sehingga saat musim hujan tiba.

Selain saranan jalan raya banjir juga merendam puluhan rumah warga di jalan bunga nusa dan perumahan dosen universitas haluoleo di kampus lama kemaraya kendari. Akibatnya warga harus menyelamatkan barang-barang mereka agar tidak terendam air.


Diduga banjir di wilayah kelurahan kemaraya ini disebabkan meluapnya sungai lahundape . Aktifitas perambahan hutan di bukit tahura nipa2 dituding menjadi biang rusaknya hutan penyangga yang selama ini berfungsi daerah tangkapan air.Kerusakan hutan akibat maraknya perambahan akibat ulah oleh orang tidak bertanggung jawab. Yos

No comments: